banner 728x250

Polres Labusel Beri Pengamanan Aksi Mogok kerja Karyawan Dan BHL PT.Torganda Sibisa Mangatur – Torgamba

banner 120x600
banner 468x60

Suarafaktual.com||Labuhanbatu Selatan
Karyawan dan tenaga kerja Buruh Harian Lepas (BHL) PT.Torganda Sibisa Mangatur yang ada di Desa Torganda Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan Propinsi Sumatera Utara melakukan aksi damai mogok kerja mendapat pengamanan dan pengawalan dari personil Polsek Torgamba Polres Labuhanbatu Selatan , Sabtu (21/10/2023) yang terjadi di PT.Torganda Sibisa Mangatur.

Aksi damai mogok kerja yang dilakukan karyawan dan BHL tersebut dilakukan mereka karena terkait akibat keterlambatan pembayaran gaji yang seharusnya dibayarkan setiap tanggal 5, terjadi kemunduran sampai dengan tanggal 17.

banner 325x300

“Kami dari karyawan dan BHL PT. Torganda Sibisa Mangatur melakukan aksi mogok kerja menuntut yang pertama agar pihak PT. Torganda Sibisa Mangatur secepatnya mengeluarkan santunan kematian.

Yang kedua agar pihak perusahaan menerapkan hak cuti karyawan pemanen, perawatan dan bongkar muat.
Yang ketiga pihak perusahaan memfasilitasi transportasi untuk anak-anak sekolah. Yang ke-empat menuntut agar pihak perusahaan menyediakan air bersih untuk karyawan dan tenaga kerja BHL.

Yang kelima kami menuntut pihak perusahaan secepatnya memperbaiki perumahan karyawan dan BHL.
Dan masih beberapa tuntutan lainnya kepada perusahaan PT.Torganda Sibisa Mangatur yang kami sampaikan melalui surat tuntutan,” ujar salah satu karyawan yang ikut mogok kerja.

Adapun dari pihak PT.Torganda Sibisa Mangatur menjelaskan kepada para peserta aksi mogok kerja tersebut bahwa pihak perusahaan akan membayar gaji atau pesangon terhadap karyawan yang telah pensiun untuk malam ini.

“Bagi karyawan yang sakit menahun akan dikeluarkan biaya perobatannya malam ini , untuk penerangan jalan di afdeling perusahaan telah melakukan perbaikan secara bertahap , kemudian terkait dengan permasalahan beroperasinya PKS PT.Torganda Sibisa Mangatur menunggu hasil musyawarah malam ini,” terang Manager PT.Torganda Sibisa Mangatur Eventus Sitorus didampingi Askep 1 Horas Siahaan , Askep 2 Sahala Silalahi, Asisten Mentenence Duane Lunbangaol, Humas Jismen Sitorus dan para Staff karyawan PT. Torganda Sibisa Mangatur.

Sementara itu dari pihak Polsek Torgamba Polres Labuhanbatu Selatan yang memberikan pengawalan dan pengamanan menyarankan agar pihak yang melakukan aksi damai mogok kerja tersebut dapat menyampaikan tuntutannya secara baik dan tidak anarkis.

“Kami menyarankan kepada pihak karyawan San tenaga kerja BHL yang ingin melakukan aksi agar memberikan surat pemberitahuan keterangan aksi kepada Polsek Torgamba ataupun Polres Labuhanbatu Selatan agar kami di apat melakukan pengamanan terhadap aksi mogok kerja damai tersebut sehingga aksi tersebut tidak disusupi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan aksi tersebut dapat berjalan lancar dan aman,” ujar Kanit Reskrim Polsek Torgamba Ipda.J Mahulae SH yang didampingi oleh Kanit Lantas Ipda.Deni , Kanit II Sat Intelkam Aiptu.R.Ismail Aswin dan personil Polsek Torgamba.

Setelah perwakilan perusahaan PT. Torganda Sibisa Mangatur menerima surat tuntutan, para peserta aksi mogok kerja membubarkan diri dengan tertib dan aman.

(MYKS)

banner 325x300