banner 728x250

Kapolres Labusel AKBP. H. Catur Sungkowo S.Ag.,SH.,MH Turun Langsung Pengamanan Unras Dikebun PT. Nubika Jaya Tanjung Mulia-Labusel

banner 120x600
banner 468x60

Suarafaktual.com||Kampung Rakyat
Sebagai pimpinan Kapolres Labuhanbatu Selatan AKBP. H. Catur Sungkowo S.Ag.,SH.,MH, turun langsung kelapangan dalam hal pengamanan aksi unjuk rasa damai yang dilakukan oleh Kelompok Tani Perjuangan Mulia (KTPM) Desa Tanjung Mulia kepada Kantor Perkebunan PT. Nubika Jaya di Desa Tanjung Mulia Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan Propinsi Sumatera Utara, Senin (20/02/2023).

Para pengunjuk rasa yang menamakan dirinya Kelompok Tani Perjuangan Mulia (KTPM) menuntut lahan seluas 500 Hektar yang berada di Desa Tanjung Mulia Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang menurut mereka PT. Nubika Jaya yang tergabung dalam PT. Permata Hijau Grup telah menyerobot, merampas dan menguasai lahan mereka selama kurang lebih 27 tahun.

banner 325x300

Untuk meredam aksi yang anarkis dan menghindari terjadinya bentrokan antara kedua belah pihak, Kapolres Labuhanbatu Selatan AKBP. H. Catur Sungkowo melalui Kabag. Ops AKP. Abdurrahman SH.,MH menyampaikan kepada pengunjuk rasa agar memberikan kepercayaan kepada ketua kelompoknya untuk dapat berbicara dengan pihak kebun PT. Nubika Jaya.

“Kami harapkan agar para pengunjuk rasa dapat menunjuk wakilnya sebagai pembicara kepada pihak kebun agar permasalahan ini menjadi selesai.
Kami dari pihak Polres Labuhanbatu Selatan bersedia menjadi fasilitator dalam hal musyawarah untuk mufakat mencari jalan terbaiknya,” ucap AKP.AbdurahmanSH.MH.

Setelah adanya pembicaraan antara pihak pengunjuk rasa dengan pihak kebun PT. Nubika Jaya Tanjung Mulia didalam ruangan kantor kebun PT.Nubika Jaya secara tertutup, para pengunjuk rasa akhirnya membubarkan diri dengan tertib dan aman.

“Terima kasih kami ucapkan kepada para pengunjuk rasa maupun kepada pihak kebun yang masih mau bermufakat dan bermusyawarah sehingga tidak sampai terjadi hal hal yang tidak di inginkan. Kami sangat mengapresiasi kedua belak pihak dalam hal ini sehingga keadaan tetap kondusif dan aman,” ucap Kapolres Labuhanbatu Selatan AKBP. H. Catur Sungkowo S.Ag.,SH.,MH setelah para negosiator keluar dari dalam ruangan bersama dengan para pengunjuk rasa dan dari pihak PT. Nubika Kata kebun Tanjung Mulia.

(M.Y.K.Simanjuntak)

banner 325x300