Religi  

Masjid AL-IKHLAS Dulimai Gelar Perlombaan, Umat Kristiani Di Alor Pun Turut Mengisi Acara Pada Malam Nuzul Qur’an.

NTT || Suarafaktual.com
Menyambut Malam Nuzul Qur’an, Remaja Mesjid (Remas) AL-IKHLAS Dulimai menggelar perlombaan Ramadhan dengan tema “Meraih Berkah Ramadhan Bersama Sang Tauladan” yang dilaksanakan di halaman Mesjid AL-IKHLAS Dulimai, Desa Motongbang, Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, dari tanggal 08-18 April 2023.

Pantauan Media ini pada acara penutupan, Selasa (18/4/2023) malam, kegiatan perlombaan Menyambut Malam Nuzulul Qur’an, dipadukan dengan pembagian hadiah kepada sang juara.

Adapun mata lomba yang diadakan yakni, Lomba Puisi Tingkat SD & SMP kategori Putra/Putri, Lomba Hafalan Surat Pendek (Al-Qur’an) Tingkat SD, SMP, SMA & Bebas Kategori Putra/Putri, Lomba Adzan Subuh & Do’a Tingkat SD, SMP, SMA & Bebas, Lomba Cerdas Cermat Tingkat SD, SMP, SMA & Bebas, Lomba Shalat Subuh Berjamaah Tingkat SD, Lomba Shalat Jenazah Tingkat SMP, SMA & Bebas, Lomba Pidato Tingkat Bebas. Sebanyak 174 peserta lomba dari Jamaah Masjid AL-IKHLAS Dulimae mengikuti kegiatan dimaksud.

“Alhamdulillah dengan izin Allah SWT pada tahun ini, kita bertemu kembali di bulan yang suci dan mulia yaitu bulan Ramadhan 1444 H (2023), bulan yang memiliki keistimewaan tersendiri dibanding bulan-bulan yang lain,” demikian Laporan Panitia Perlombaan Menyambut Malam Nuzul Qur’an yang disampaikan oleh Ketua Panitia Irwandi Jelantik.

Irwandi menjelaskan, Bulan Ramadhan merupakan kesempatan besar sekaligus menjadi acuan bagi seluruh umat muslim untuk kembali meningkatkan kualitas dan kuantitas beribadah dengan kebersamaan membangun Ukhuwwah menggapai nikmatnya Ramadhan.

“Untuk menjadi semangat dan motivasi agar mampu meningkatkan Iman dan Taqwa serta Amal kebajikan umat Islam khususnya Jama’ah Masjid AL-IKHLAS Dulimae untuk lebih makmur dan mempererat Ukhuwa Islamiyah maka Remaja Masjid AL-IKHLAS Dulimae telah membentuk panitia, yang merupakan panitia perdana dalam perlombaan yang bertepatan pada malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan dan Insya Allah kegiatan akan berjalan dengan baik sehingga panitia telah merancang berbagai macam jenis perlombaan dan semoga perlombaan tahun ini menjadi perlombaan rutinitas kita di setiap tahun pada bulan yang penuh berkah ini,” pintanya.

Irwandi menambahkan, tujuan pelaksanaan kegiatan perlombaan ini adalah memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 2023 dengan kegiatan yang bermanfaat untuk saling berbagi motivasi dengan berlomba-lomba menuju kebaikan di Bulan Suci Ramadhan.

“Menjalin dan mempererat Ukhuwah Islamiah yang telah ada, menumbuhkan dan mewujudkan rasa kepedulian terhadap sesama, meningkatkan kemampuan diri dalam menjalankan ajaran Islam,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Remaja Masjid (Remas) AL-IKHLAS Dulimai, Jainidin, SE, pada sambutannya menyampaikan bahwa, dalam pelaksanaan kegiatan perlombaan Menyambut Malam Nuzulul Qur’an ini masih jauh dari kata sempurna.

“Tentunya saya menyadari bahwa masih terlalu banyak kekurangan yang kami dapati dan kami lakukan dalam kegiatan ini. Tetapi kami yang baru mulai tentunya bahwa ini adalah kami, kekurangannya kami, mohon dikoreksi kapanpun dan dimanapun, sehingga besok dan kemudian hari kami tetap berdiri diatas sini tentunya dengan suasana yang berbeda dan persiapan yang lebih baik dan juga dengan kondisi acara yang lebih baik,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan tujuan dari panitia bisa tercapai, yaitu mental dan pembelajaran serta di penghujung acara ini bahwa kita disini AL-IKHLAS Dulimai sangat-sangat menjunjung tinggi nilai kerukunan,” tegas Jainidin.

Semoga di hari-hari kedepan, lanjut Jainidin, teman-teman umat kristiani di wilayah Desa Motongbang ketika membuat acara, Remaja Masjid AL-IKHLAS Dulimai juga bisa diundang.

“Sehingga, orang-orang diluar sana tau Motongbang ini seperti apa? Kita bukan Motongbang yang dulu. Motongbang yang sekarang lebih damai dan lebih aman,” pungkasnya.

Selaku Ketua Remaja Masjid. (Remas) AL-IKHLAS Dulimae, Jainidin menyampaikan ucapan terima kasih atas masukan dan bantuan dari seluruh Jamaah Masjid AL-IKHLAS Dulimae, para donatur dan juga Umat Kristiani selama kegiatan perlombaan ini berlangsung dari awal pembukaan hingga akhir penutupan.

Acara penutupan ini juga dimeriahkan dan dihibur oleh Tarian Cilik AL-IKHLAS Dulimai, Vocal Grup Pemuda Rayon 4 Kelompok 3 Jemaat Pola Tribuana (Jempol) Kalabahi, Ibu-Ibu Majelis Taklim AL-IKHLAS Dulimai, Grup Molo Hala AL-IKHLAS Dulimai, Grup Molo Hala Ukhti AL-IKHLAS Dulimai, Grup Kambodja dan Grup Larengka serta hiburan lainnya.

Turut hadir pada acara penutupan perlombaan Menyambut Malam Nuzulul Qur’an, diantaranya, Pengurus Badan Syarah Masjid AL-IKHLAS Dulimae Pengurus PHBI Kabupaten Alor Pengurus Majelis Ta’lim AL-IKHLAS Dulimae, Imam AL-IKHLAS Dulimae, Jamaah Masjid AL-IKHLAS Dulimae dan Pemuda Jemaat Pola Rayon 4 Kelompok 3 serta para tamu undangan lainnya.

YM|NTT