banner 728x250

Atasi Banjir di Kota Pangkalan Kerinci Timur Pemkab Pelalawan Bangun Drainase Sepanjang 600 Meter

banner 120x600
banner 468x60

Pelalawan – Suarafaktual
Masyarakat di Jalan Keluarga Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan kini bisa bernafas lega. Musim penghujan tidak lagi menjadi momok bagi mereka. Banjir saban tahun yang mengenangi pemukiman warga setempat kini telah ditemui solusinya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) telah membangun drainase sepanjang 600 meter. Dengan telah berfungsinya saluran air untuk mengurai potensi banjir di ibukota Pangkalan Kerinci. Pengatusan yang dibangun oleh Bidang Sumber Daya Air PUPR Pelalawan telah dirasakan manfaatnya oleh warga yang selama ini menjadi langganannya korban banjir.

banner 325x300

“Alhamdulillah, dengan telah siapnya dan berfungsinya drainase yang dibangun oleh Pemkab Pelalawan. Air dapat mengalir dengan lancar. Tidak ada lagi genangan air di jalan Keluarga ini,”ungkap tokoh masyarakat Pangkalan Kerinci Timur, Mahendra Lazuardi, Ahad (9/7/2023).

Tak ada lagi ketakutan jika curah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kota Pangkalan Kerinci. Air dari langit jatuh ke bumi langsung teraliri ke sungai melalui sistem drainase yang baik saat ini.

“Permasalahan yang menjadi penyebab terjadinya banjir ya sistem drainase yang tidak jalan selama ini. Dan sekarang sudah diatasi oleh Pemkab Pelalawan,” lanjutnya

Tak lagi merasakan susahnya tiap hujan berhadapan dengan banjir dan segala akibat yang ditimbulkan. Lazuardi menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Bupati Pelalawan atas solusi solusi terbaik bagi masyarakat di kota Pangkalan Kerinci.

“Terima kasih pak Bupati. Sekarang kami bebas banjir,”katanya

Perasaan senang juga disampaikan oleh Lurah Pangkalan Kerinci Timur Ridho Afalda, SSTP, M.Si atas berfungsinya dengan baik sistem pengairan yang dibangun oleh PUPR Pelalawan. Kini ia tidak lagi menerima keluhan warga terkait banjir jika musim hujan datang.

“Hujan beberapa malam ini. Alhamdulillah tidak terdengar keluhan warga. Artinya mereka baik baik saja. Kalau biasanya satu jam hujan, sudah banjir di jalan keluarga ini. Beberapa warga menyampaikan terima kasihnya telah dibangun drainase untuk mengatasi banjir di daerah mereka,”kata Ridho ditemui disela sela aktifitasnya meninjau proyek drainase di wilayah yang dipimpinnya itu.

Sementara itu, Kepala dinas PUPR Kabupaten Pelalawan Joko Sutriadi, ST melalui Kepala Bidang Sumberdaya Air Latif Busroni. ST, membenarkan pengerjaan Darinase tersebut yang sudah di anggarkan pada APBD kabupaten Pelalawan tahun 2023 ini.

“Drainase dibangun dengan sistem Pree Cast u-ditch sepanjang 600Meter yang berukuran 60 x 80 Cm.” kata Latif dihubungi via kontak selulernya, Ahad (9/7/2023)

Ditambahnya, kelebihan dari sistem pree cast u ditch ini memberikan kualitas konstruksi untuk saluran drainase maupun irigasi yang jauh lebih terstruktur dengan pelaksanaan yang jauh lebih cepat.

“Produk yang digunakan untuk saluran air maupun drainase beton precast yang dibuat seperti huruf U. Pada proses pembuatannya memakai teknik pembesian yang sangat tinggi memakai wiremesh. Tulang pada U-ditch ini akan dituangkan beton yang masih segar lalu selanjutnya akan di cetak memakai sebuah moulding atau cetakan U-ditch” jelasnya

“Untuk ketahanan dan kekuatan drainase, tidak diragukan lagi pree cast u ditch ini,” pungkasnya (***)

banner 325x300