banner 728x250

Sala Satu Pemuda Asal Alor Yang Ikut Selamatkan Dokter Magang Yang Mencoba Bunuh Diri di Jembatan Liliba

banner 120x600
banner 468x60


Ntt || Suarafaktual.com
Aksi heroik tiga orang pemuda menyelamatkan seorang perempuan “TP” (inisial) yang hendak melakukan percobaan bunuh diri di pipa saluran air samping Jembatan Liliba, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Kamis, 11 Agustus 2022 viral di berbagai platform media sosial belakangan ini baik berupa gambar maupun video.

“TP” diketahui bertugas di salah satu puskesmas di Kota Kupang sebagai Dokter Magang.

banner 325x300

Banyak yang belum mengetahui jelas tentang tiga orang pemuda dalam aksi heroik ini.

Setelah ditelusuri Media ini hingga Jumat, 19 Agustus 2022 pagi, Ternyata salah satu pria dari tiga pemuda itu berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Namanya Amnin Imanuel Hermanus Tang berbaju hitam.

Saat dikonfirmasi, Hermanus Tang membenarkan dirinya juga ikut serta menyelamatkan wanita yang mencoba bunuh diri ini. Ia kemudian menceritakan kronologis penyelamatan yang dilakukannya bersama 2 rekan penyelamat lainnya yang tidak saling kenal.

“Ada kawan satu baru dari Alor datang di Kupang sini to, jadi dia ajak saya terus langsung kita pigi. Kita dari Oelbani ke Penfui. Pas sampe di Jembatan Liliba situ orang rame-rame (berkerumun). Pas kita lihat dari jauh, ada (Dokter ini) yang mau terjun turun (dari atas). Jadi sudahlah pas itu kita berhenti. Habis itu saya panjat naik jembatan baru jalan begitu, saya pas jalan ada Om yang lari dari belakang, pas dia lari saya juga mau melangkah kayu bunyi (jembatan goyang) ko tidak, jadi saya juga takut jatuh jadi saya pegang besi (jembatan) di samping. Jadi Om itu duluan baru saya ikut dari belakang,” ungkapnya.

Uniknya, pria Alor ini yang menggendong si wanita yang diketahui sebagai Dokter Magang dari titik saat mencoba bunuh diri hingga sampai ke ujung jembatan dan diberikan kepada warga yang telah menunggu untuk merangkul wanita ini.

“Pas sampe, itu Om (baju merah) kasturun dia langsung saya bantu angkat turun dengan itu Om kedua. Kita angkat sampe di ujung situ, ada Om baju putih satu terima. Habis itu dia kasih lagi di Om dong yang berdiri di tanah bantu kas berdiri dia,” sebut Hermanus Tang.

Hermanus Tang yang sementara ini tinggal di Oeba, Kota Kupang ini menceritakan, saat penyelamatan itu, banyak warga yang saat berada di sekitar atau dekat jembatan Liliba mengabadikan moment tersebut. Namun, sontak si wanita ini kepada pengguna handphone.

“Kan orang banyak yang rekam (video) di to, langsung dia bilang rekam begitu buat apa? Buat konten yah! Terus dia bilang lagi ini masalah tidak bisa diselesaikan,” kata Hermanus Tang meniru ucapan si wanita itu.

“Jadi dia langsung lari turun di jurang sebelah lagi ko mau lompat lagi jadi saya langsung tarik dia punya tangan, dia paksa mau lepas begitu tidak bisa karena saya pegang kuat to, habis itu ada mamatua satu yang datang ko peluk dia. Tidak lama itu, orang dong disitu bilang sudah kita bawa ke rumah sakit saja,” tandasnya.

Karena terus tergerak hati nuraninya, Hermanus Tang kemudian menanyakan kepada warga di sekitar.

“Jadi saya tanya Om Brimob, Om kita angkat bawa pi depan ko, jadi Om Brimob bilang sudah adik angkat bawa pi depan. Jadi saya angkat bawa pigi depan habis itu saya lepas langsung saya jalan,” ucapnya.

Saat ditanya Wartawan soal kenapa dirinya ikut membantu menyelamatkan si wanita dokter yang ingin mencoba bunuh diri, Hermanus Tang hanya mengatakan ini.

“Pas dia mau bunuh diri jadi saya juga rasa berat, baru tidak ada yang tolong. Kaka baju merah lari pigi jadi saya juga hati tergerak ko tidak,” katanya.

Padahal dirinya tidak mengenal wanita “TP” ini sebelumnya.

“Saya tidak pernah ketemu itu nona (Dokter Magang). Pas kejadian baru saya ada tau dia. (Sampai sekarang) saya dengar bilang dia Dokter Magang,” tutur Hermanus Tang.

“Tidak tau sama sekali (dia sudah keluar dari RS atau belum). Saya tidak tau (motif percobaan bunuh diri). Tapi yang pernah viral itu bilang dia putus cinta dan lain-lain. Saya angkat (bantu) dia saja tuh langsung lupa dia, tidak ingat-ingat lagi,” pungkasnya.

Saat peristiwa percobaan bunuh diri di pipa saluran air samping Jembatan Liliba, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur ini mengundang hati dan mata banyak orang tertuju pada si wanita yang diketahui sebagai Dokter Magang di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Dari peristiwa percobaan bunuh diri ini, tiga orang pemuda ini sepatutnya wajib diberikan apresiasi atas operasi penyelamatan ini.

Hingga berita ini ditayangkan, Media ini masih terus mencari tau informasi dari sosok penyelamat asal Alor ini.

YM| NTT|

banner 325x300