banner 728x250

Lomba Problem Solving: Sumur Akhlag Solusi Mencegah Kebakaran di Lahan Gambut

banner 120x600
banner 468x60

Pelalawan|Suarafaktual
Tim Verifikasi Lapangan Lomba Problem Solving, meninjau penemuan Sumur Akhlag untuk mencegah kebakaran Karhutla dilahan Gambut, sumur Akhlag ini sudah ditemukan oleh Iptu. Hasoloan Samosir, dan di gunakan pada tahun 2014 saat kebakaran besar di kabupaten Pelalawan.

Acara verifikasi lapangan lomba problem solving tersebut dihadiri oleh Kasubdit Gasum Kompol. Lagomo, AMD dari Polda Riau, Kapolres Pelalawan diwakili oleh Kompol. Dwi Yatmoko S.STP., SIK., M.IK, Kasat Samapta AKP. AL Imran S.H, serta diikuti oleh personil Sat Samapta Polres Pelalawan 10 orang, dan juga dihadiri oleh tim Verifikasi Dr. Ir Haryudarini Harahap, M.Kes (Peneliti Ahli Madya), Salmiyati, M.Pd.,P.H.D (Akademisi penelitian)

banner 325x300

Adapun acara penilaian inovasi lomba problem Solving tersebut dilaksanakan Kamis. 14-9-2023, sekitar pukul, 11.00 wib, di kantor Kapolres Pelalawan. Materi pembuatan sumur Akhlaq disampaikan oleh Iptu Hasoloan Samosir, yang menjadi penilaian lomba inovasi problem Solving antara lain:

1. Dengan adanya sumur Aklaq (antisipasi kebakaran hutan lahan gambut) akan mendapatkan sumber ketersediaan air kebakaran dilahan Gambut. Sebagai sumber air bersih pada warga masyarakat bermukim di daerah gambut yang ramah lingkungan.

2. Unsur kebaruan atau modern yaitu bahwa pembuatan sumur Aklaq ini, digunakan mata bor didesain secara khusus berdasarkan kondisi gambut yang ada, dan alat yang dirancang Iptu Hasoloan Samosir, Kanit Samapta Kuala Kampar, dengan bimbingan dari kalangan Akademisi.

3. inovasi pembuatan sumur Akhlak melibatkan sumber daya manusia terdiri sebagai berikut:

1 orang inovator menyusun rancangan serta sistem kerja sumur Akhlaq ( Iptu Hasoloan Samosir). Selain dari internal Polda Riau penilaian lomba problem solving juga melibatkan tem penilai dari eksternal.

1. Dr.Ir Haryudarini Harahap, M.Kes( peneliti ahli madya)
2.Salmiyati, M.Pd, Ph.D(Akademisi peneliti).

4. Bahwa sumur Akhlak ini, membutuhkan waktu sekitar 35 menit dengan menggunakan alat, yang sudah didesain dan dilakukan pengeboran secara manual, yang ramah lingkungan dan mudah cara kerjanya.

Setelah team penilai melakukan pemeriksaan peralatan sumur Akhlag di Aula Polres Pelalawan, dengan penjelasan secara rinci. Penggunaan peralatan tersebut oleh Iptu. Hasoloan Samosir, kemudian dilanjutkan peninjauan 3 unit sumur Akhlag Perum Weny Regensi jalan Tengku Raja Lela.

Sumur Akhlak pembuatan tahun 2021, diuji test oleh team dan semua sumur tersebut berfungsi dengan baik dan dapat menyuplai air mesin ministrekers nonstop selama berjam-jam tetap air stabil tanpa ada kendala. Selain digunakan sumur Akhlak untuk Karhutla, juga dapat digunakan sebagai air bersih pada warga perumahan tersebut secara gratis.

Kami berharap lomba problem solving tersebut menjadi perhatian para pemangku kepentingan, karena manfaatnya untuk mencegah Karhutla, sebagai sumber air bersih, dan sebagai sumber air pada lahan pertanian palawija dilahan gambut

banner 325x300