banner 728x250

Mukerda GPdI RIAU ; Menuju GPdI Yang Bertumbuh Secara Kualitas dan Berkembang Secara Kuantitas

banner 120x600
banner 468x60

Pekanbaru||Suarafaktual
Mukerda GPdI Riau, 19-20 Maret yang telah dinanti-nanti akhirnya sukses digelar pasca Musyawarah Daerah (Musda) tahun 2022, Mukerda mengangkat tema : Meningkatkan kinerja, mengokohkan sinergitas, menuju GPdI yang bertumbuh secara kualitas dan berkembang secara kuantitas.

Mukerda dilaksanakan di Hotel Furaya, Jl. Jenderal Sudirman dihadiri 270 orang terdiri terdiri dari Utusan MP yang dihadiri langsung Ketua Umum Majelis Pusat (MP) GPdI Pdt. Jhonny Weol, M.M., M.Th, Penasehat Majelis Daerah (MD) GPdI Riau dan Pengurus lengkap MD GPdI Riau, Pengurus KSB Majelis Wilayah (MW) 1-19, Komisi Daerah (KD), Badan Khusus Majelis Daerah, Utusan SA & STT dan Hamba-hamba Tuhan GPdI Riau yang dilantik Pendeta Muda, beserta panitia penyelenggara. Sehari sebelum kegiatan mukerda (18/3) seluruh penasehat MD Riau dan pengurus MD Riau mengikuti Pleno MD atau pramukerda di Hotel Furaya Pekanbaru.

banner 325x300

Kegiatan Mukerda resmi dibuka oleh Ketua Umum GPdI, Pdt. Dr. Johnny Weni Weol, MM., M.Th. didampingi Ketua Majelis Daerah (MD) GPdI Riau, Pdt. Dr. P.L. Manullang, M.Th. dan Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Kristen Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Armin Antoni Silaban, S.Th., M.IP.,
Ketua Umum GPdI memukul gong tanda dimulainya Musyawarah Kerja Daerah.

“Dengan mengucap syukur kpd Tuhan Yesus Kristus kami memukul gong tiga kali tanda dimulainya Musyawarah Kerja Daerah GPdI MD Riau.” ucap Jhonny Weol

Ketum MP GPdI menyatakan bahwa GPdI telah bertumbuh secara kuantitas di berbagai daerah di Seluruh Indonesia dan di manca negara dan MP bekerja, berupaya tetap menjaga kualitas GPdI. ” Terdapat 37 MD dari 38 provinsi dan Lebih dr 20.000 sidang jemaat (gereja) diseluruh Indonesia. GPdI juga tersebar di 20 negara terbanyak di USA. Dan MP berupaya terus menjaga kualitas” ungkap Ketum JW

Ketum JW menyampaikan dalam sambutannya bahwa ukuran kualitas rohani bukanlah dilihat dari 9 karunia -karunia Roh (1 Korintus 12:8-11) tetapi ukuran kualitas rohani dilihat dari 9 buah-buah Roh (Galatia 5:22-26). ” Mari Kualitas Rohani dan dedikasi pelayanan kita tunjukkan.” ajak JW

GPdI konsisten memperhatikan mutu dan kualitas pengajaran yang sesuai Alkitab dan memberikan Sanksi kepada siapa saja yang mengajarkan ajaran sesat/salah. “Sanksi diberikan kepada mereka yang mengajarkan ajaran sesat. Lihat Firman Tuhan dalam 1 Tim 4:12. Awasilah ajaramu,” tegas Ketum

Ketua MD GPdI Riau dalam sambutannya menyatakan sangat gembira Mukerda ini dapat terlaksana dan dihadiri langsung oleh Ketua Umum GPdI. Tujuan mukerda ini untuk mengevaluasi dan mendiskusikan apa yang akan GPdI Riau lakukan 2 tahun kedepan.

Melalui Mukerda kali ini seluruh pimpinan organisasi di GPdI Riau dapat meningkatkan kinerja, mengokohkan sinergitas, menuju GPdI yang bertumbuh secara kualitas dan berkembang secara kuantitas. “Selamat bermukerda, gunakan waktu sebaik – baiknya, melalui Mukerda kali ini GPdI Riau dapat bertumbuh secara kualitas dan berkembang secara kuantitas,” kata Pdt. Manullang yang juga sebagai Departemen Penggembalaan MP GPdI.

Pembimas Kristen Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau, Armin Antoni Silaban, S.Th., M.IP dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas undangan yang disampaikan Panitia Mukerda. Ini bukti adanya hubungan yang baik dan harmonis antara pemerintah dan gereja, khususnya GPdI. Melalui momen ini Pembimas mengajak semua pihak, termasuk GPdI untuk turut serta menjaga kerukunan dan kedamaian, selaras dengan program Moderasi Beragama yang dicanangkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, H. Yaqut Cholil Qoumas.
.
Di akhir acara Pembukaan Mukerda, Pembimas Kristen menyerahkan secara simbolis beberapa eksemplar Alkitab Terjemahan Kedua terbitan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) dan Surat Tanda Lapor (STL) beberapa gereja GPdI di Riau kepada Ketua MD GPdI Riau.

Kegiatan mukerda 2024 di Hotel Furaya berlangsung sukses, lancar dan damai. Peserta merasakan kepuasan atas pelayanan dan akomodasi yang disediakan panitia. “Luarbiasa Mukerda kali ini. Kami datang dari daerah yang jauh merasakan kenyamanan dan kepuasan di acara Mukerda kali ini.” ungkap peserta dari Kepulauan Meranti

MD GPdI Riau bangga dan mengapresiasi kehadiran peserta Mukerda yang adalah pimpinan organisasi GPdI di daerah Riau
Perhatian khusus juga di berikan kepada Hamba-hamba Tuhan dari daerah kepulauan yang jauh-jauh datang mengikuti kegiatan Mukerda. ” MD Riau mengapresiasi kehadiran semua peserta dan akan memberikan bantuan sebagai pengganti biaya transportasi. Terkhusus peserta dari pulau-pulau mendapatkan bantuan dua kali lipat. Karena itu saya meminta semua peserta dapat serius mengikuti kegiatan Mukerda ini” kata Ketua MD diacara Mukerda¬†Riau yang disambut tepuk tangan sukacita semua peserta Mukerda.

Diakhir acara Mukerda dilaksanakan ibadah perjamuan Kudus dan pelantikan pendeta muda (Pdm). Para pendeta yang telah diilantik mendapatkan piagam penghargaan yang langsung ditandatangani oleh Ketum MP GPdI.

“Terimakasih atas penghargaan dari organisasi GPdI Riau kepada kami, kiranya GPdI di Riau terus berkembang dan berjaya.” ungkap Pdm. Juni M. Simanjuntak, SKM, Ibu Gembala GPdI Mahanaim Pekanbaru.

(Anton S)

banner 325x300