banner 728x250

Magang MBKM 4 Bulan Selesai, Universitas Nusa Cendana Lakukan Penarikan Mahasiswa dan Mahasiswi Ilmu Komunikasi Program Magang MBKM di WALHI tenggara timur.

banner 120x600
banner 468x60

Kupang,NTT||Suarafaktual.com
Rabu 06-12-2023 Universitas Nusa Cendana melakukan penarikan terhadap ketujuh mahasiswa mahasiswi yang telah menyelesaikan 5 (4 bulan) di Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) NTT.

Acara penarikan sekaligus ramah tamah ini dilaksanakan di Kantor WALHI NTT, Jl. Bung Tomo III No.8, Kota Kupang dan dihadiri oleh Veki Edizon Tuhana, S.I.Kom., M.I.Kom., selaku dosen pembimbing lapangan (DPL), Plt. Direktur WALHI, Yuvensius S. Nonga, S.H., M.H., para Staff WALHI NTT, teman-teman dari komunitas Sahabat Alam (SHALAM) dan ketujuh mahasiswa mahasiswi magang MBKM Prodi Ilmu Komunikasi Undana 2023.

banner 325x300

Membuka acara penarikan ini, melalui daring, Yuvensius S. Nonga, S.H., M.H selaku Plt. Direktur WALHI memberikan sambutan hangat sekaligus mengapresiasi keberhasilan para mahasiswa mahasiswi yang telah menyelesaikan magang di WALHI NTT. Di samping itu, dia berharap setiap pengetahuan dan pengalaman terkait isu-isu lingkungan hidup yang diperoleh para mahasiswa selama magang dan keterlibatan langsung dengan masyarakat yang diadvokasi oleh WALHI dapat menjadi bekal yang bermanfaat nantinya.

Selanjutnya, sambutan dari DPL yakni Bapak Veki Edizon Tuhana, S.I.Kom., M.I.Kom menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak WALHI yang telah terbuka dan menerima mahasiswa mahasiswi Undana magang di WALHI NTT. Selain itu, Bapak Veki Tuhana juga menyampaikan harapan dari pimpinan kampus untuk dapat melakukan kesepakatan kerja sama (MoU) antara kampus Universitas Nusa Cendana dengan Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) sehingga ke depannya setiap tahun para mahasiswa mahasiswi dari Universitas Nusa Cendana dapat melakukan magang di WALHI NTT.

“Sebelum saya jalan ke sini, saya dibisikkan koordinator prodi untuk menyampaikan pesan, kedepannya kami berharap ada kesepakatan kerja sama (MoU) dengan WALHI NTT. Jadi setiap tahun akan ada mahasiswa Ilmu Komunikasi yang magang di WALHI NTT. Juga, ketika ada kegiatan yang bersifat riset, kami dapat menggandeng WALHI baik sebagai partner ataupun narasumber,” kata Veki Tuhana.

Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi output yang dihasilkan mahasiswa mahasiswi selama magang di WALHI NTT. Presentasi ini diwakili oleh salah satu mahasiswi magang yaitu Merlinda Ximenes, dimana hasil output tersebut berupa buletin berisi profil ketujuh mahasiswa mahasiswi magang, jejak aktivitas, hasil-hasil karya, dan kesan serta pesan dari mahasiswa mahasiswi selama magang di WALHI NTT. Selain Buletin, para mahasiswa juga membuat program KKN dalam bentuk diskusi publik dengan tema Diskusi Eco-Talk: Membahas Masa Depan Bumi. “Menguak Mitos dan Fakta Seputar Lingkungan Hidup. Setelah mempresentasikan hasil kerja magang maupun KKN, dilakukan penyerahan buletin kepada DPL sebagai bukti fisik dari terlaksananya program KKN yang dilakukan oleh mahasiswa mahasiswi magang serta penyerahan cenderamata berupa bingkai foto dan buletin kepada pihak WALHI NTT yang diwakili oleh DPL, sebagai bentuk kenangan-kenangan dari para mahasiswa mahasiswi magang.

Menutup seluruh rangkaian acara ini, Dama Hendrik mewakili mahasiswi magang menyampaikan pesan dan kesan selama magang di WALHI NTT, lalu diakhiri dengan sesi dokumentasi bersama. (MS/CA)

Kabiro TTS

banner 325x300