Hukum  

Kejari Pelalawan Terima Kunjungan Tim TPI Dalam Rangka Penilaian Zona Integritas Menuju Wilayah WBK/WBBM Tahun 2024

Pangkalan Kerinci – Suarafaktual
Kejaksaan Negeri Pelalawan terima kunjungan Inpektur IV pada Jaksa Agung Muda Pengawasan, Edyward Kaban, S.H., M.H., bersama Tim Penilai Internal (TPI) Tahun 2024 dalam rangka penilaian zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) terhadap 5 (lima) Kejaksaan Negeri pada wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Riau. Kegiatan tersebut dilaksanakan Pada hari Senin (06/05/2024) yang bertempat di Kejaksaan Negeri Pelalawan.

Terwujudnya Zona Integritas (ZI) yakni predikat yang diberikan kepada suatu instansi yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) melalui reformasi birokrasi khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dalam pengertiannya Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan baik yaitu telah memenuhi sebagian besar kriteria proses perbaikan pada 6 (enam) area perubahan.

Ke Enam area perubahan tersebut yakni Manajemen Perubahan, Penataan Tata laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, Peningkatan Kualitas Layanan Publik.

Tim Penilai Internal (TPI) terdiri dari 4 (empat) orang yang diketuai oleh Edyward Kaban, S.H., M.H., selaku Inpektur IV pada Jaksa Agung Muda Pengawasan, Dwianto Prihartono, S.H., M.H., Christioy T Karo-Karo, S.H., S.H., dan Ganjar Sukma, serta didampingi Ibu Ayu Agung, S.H., S.Sos., M.H., selaku Assisten Pengawasan pada Kejaksaan Tinggi Riau.

Dalam kunjungan tersebut terdapat 5 (lima) Kejaksaan Negeri yang dilakukan penilaian yaitu Kejaksaan Negeri Pelalawan, Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu, Kejaksaan Negeri Indragiri Hilir, Kejaksaan Negeri Kampar, dan Kejaksaan Negeri Siak. Selanjutnya, 5 (lima) Kejaksaan Negeri yang dilakukan penilaian, melakukan pemaparan materi terkait kesiapan kelima Kejaksaan Negeri tersebut menuju Zona Integritas (ZI) WBK/WBBM tahun 2024 yang dilakukan langsung oleh masing-masing Kepala Kejaksaan Negeri.

Azrijal, S.H., M.H., selaku Kepala Kejaksaan Negeri Pelalawan dalam pamaparannya menyampaikan, “saat ini Kejaksaan Negeri Pelalawan memiliki 6 (enam) inovasi dari berbagai bidang yang ada untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yaitu PLN (Pelayanan DATUN), PERISAI PIDSUS, Sepatu ELANG (E-Tilang) Pidum, PELAYANAN PRIMA ANTAR BARANG BUKTI (PRIMA BAKTI), E-Surat Besuk, dan PENGAMBILAN BB CEPAT, EFEKTIF DAN EFISIEN,” ucap Azrijal SH.,MH menjelaskan

Pada Kejaksaan Negeri Pelalawan terdapat Duta Pelayanan dan Agen Perubahan tahun 2024. Adapun yang menjadi Duta Pelayanan adalah Farqi Ghozali Mustajab, S.H., dan Adillah Anum, A.md.T. sedangkan untuk Agen Perubahan disematkan kepada Daniel Sitorus, S.H., dan Yuni Aditya Adhani, S.H.

Kepala Kejaksaan Negeri Pelalawan Azrijal, S.H., M.H., selaku “Role Model” dalam pemaparannya juga mengajak jajarannya untuk bersama-sama membulatkan tekad untuk meraih apa yang selama ini diimpikan, yaitu mewujudkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di Kejari Pelalawan dan ikut berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan yang berkaitan dalam pembangunan zona integritas. kegiatan kunjungan di Kantor Kejaksaan Negeri Pelalawan berakhir pada pukul 16.00 WIB yang berjalan dengan tertib, aman, dan lancar.