banner 728x250

*Dinas ESDM Laksanakan Rapat Koordinasi Pendataan Rumah Tangga Belum Berlistrik dan Rumah Tangga Non PLN Se-Provinsi Riau Tahun 2023 di Kabupaten Pelalawan*

banner 120x600
banner 468x60

Pelalawan – Suarafaktual
Dalam rangka pemenuhan capaian rasio elektrifikasi rumah tangga/dusun sebesar 100% melalui upaya penyediaan dan peluasan akses listrik sampai kepelosok negeri, diperlukan pemutakhiran (update), verifikasi dan validasi data rumah tangga belum berlistrik dan rumah tangga non PLN di Kabupaten Pelalawan.

Berkaitan dengan hal di atas, maka Dinas ESDM Provinsi Riau menggagas rapat koordinasi pendataan rumah tangga belum berlistrik dan rumah tangga non PLN se-Provinsi Riau Tahun 2023 di Kabupaten Pelalawan pada Selasa, 06 Juni 2023 bertempat di Auditorium Lt.3 Kantor Bupati Kabupaten Pelalawan. Rapat koordinasi ini dibuka langsung oleh Bupati Pelalawan yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Fakhrizal, M.Si.

banner 325x300

Rakor yang dilaksanakan ini juga bertujuan sebagai penguatan pendataan dan verifikasi serta validasi data rumah tangga yg belum dialiri listrik dn rumah tangga non PLN di Kabupaten Pelalawan khususnya sehingga kedepannya pembangunan listrik dapat lebih cepat dan tepat sasaran menuju Dusun di Kabupaten Pelalawan menyala 100%. Berdasarkan data Tahun 2021-2022, kondisi existing rumah tangga/dusun yg belum dialiri listrik di Kabupaten Pelalawan yaitu 17 dusun yang mana lebih dari 50 %. Dan sampai saat ini data terakhir menunjukkan rasio elektrifikasi di Kabupaten Pelalawan sebesar 99.98%. Adapun kebijakan-kebijakan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Pelalawan dalam rangka mempercepat masuknya listrik ke rumah tangga/dusun hingga mencapai 100% adalah melalui penganggaran PLN, Dinas ESDM PROV, APBN Kementrian ESDM dan bisa melalui dukungan CSR perusahan.

Dalam rakor ini, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Fakhrizal meminta kepada para camat untuk menyempurnakan data yang sudah ada.
“Disini saya meminta terutama kepada para camat untuk dapat cepat melakukan verifikasi ulang dan menyempurnakan data-data rumah tangga yang sudah ada pada data base rasio eklektrifikasi Dinas ESDM Provinsi Riau sesuai dengan kondisi nyata di wilayah masing-masing Kecamatan. Dengan dukungan penuh kita semua terutama camat beserta jajarannya, insyallah bisa terwujud Kabupaten Pelalawan menjadi Pelalawan Menyalo dengan misi maju infrastruktur khususnya dibidang kelistrikan.” tutupnya.

Hadir dalam rakor ini perwakilan Dinas ESDM Provinsi Riau, Manager PT. PLN (Persero) UP3 Pekanbaru, Bappeda Kabupaten Pelalawan, Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Pelalawan, Kacab Dinas ESDM Provinsi Riau Wilayah III, Camat dan Kasi PPM se-Kabupaten Pelalawan.

banner 325x300